Cara Merawat Rambut Kering

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012

9 Cara Merawat Rambut Kering - Rambut kering dan kusam merupakan salah satu masalah rambut yang banyak sekali dialami oleh wanita dan pria. Apalagi untuk seorang wanita, rambut adalah sebagai mahkota, oleh karena itulah Anda pasti ingin rambut Anda berkilau, terlihat cantik dan sehat.


Sebelum kita mengetahui 9 cara merawat rambut kering maka sebaiknya kami beritahukan dahulu penyebab rambut Anda menjadi kering, padahal Anda sudah sering kali dan rutin untuk keramas. Berikut dibawah ini mungkin dapat menjawab penyebab rambut kering Anda :


  • Terlalu sering keramas bisa menyebabkan rambut cepat rusak. Keramaslah 2 hari sekali, itu lebih dianjurkan daripada keramas setiap hari.
  • Berganti-ganti merk shampo. Tiap merk shampo memiliki kandungan kimia yang berbeda, bila Anda sering ganti-ganti shampo rambut hanya akan menjadi rusak.
  • Perlakuan yang bermacam-macam pada rambut seperti pencatokan, pengeritingan, bahkan menggunakan hair dryer bisa menyebabkan rambut cepat kering.
  • Rambut yang terkena langsung sinar matahari dalam waktu lama juga bisa menyebabkan rambut kering. Apalagi sinar matahari pada siang hari, akan membuat rambut terasa panas dan jika intensitas terkena sinar matahari ini semakin tinggi dan meningkat maka rambut akan semakin mudah terasa kering dan kusam.

 Itulah diatas mungkin adalah beberapa penyebab dari rambut kering Anda, Jika iya maka sebaiknya Anda melakukan 9 cara merawat rambut kering dibawah ini :

9 Cara Merawat Rambut Kering

  • Sebelum keramas, sebaiknya Anda memberi krim vitamin pada rambut Anda. Hal ini untuk melembabkan rambut, melembutkan dan memperbaiki rambut yang rusak. Setelah diberi krim vitamin, diamkan rambut selama beberapa menit. Setelah itu baru bilas dan keramaslah seperti biasa.
  • Penggunaan conditioner sangat dianjurkan untuk menghaluskan rambut. Pilihlah conditioner yang sarat akan vitamin A dan E, penggunaan conditioner secara teratur bisa melembabkan rambut Anda sehingga rambut tidak akan kering dan rusak.
  • Tips merawat rambut kering yang lain adalah dengan menggunakan hair tonic dan hair mask. Saat ini banyak sekali produk hair mask yang bisa Anda dapatkan di pasaran, Anda tinggal memilih produk mana yang cocok untuk rambut Anda.
  • Bila Anda ingin memakai ramuan yang lebih alami, Anda bisa memakai minyak kemiri sebelum tidur dan bilas saat pagi hari. Minyak kemiri bisa menghaluskan dan melembabkan rambut sehingga rambut tidak akan cepat kering.
  • Jangan menggunakan shampo berbagai merk. Gunakan satu merk shampo saja yang paling cocok dengan rambut Anda. Berganti-ganti shampo hanya akan membuat rambut rusak.
  • Setelah keramas, sebaiknya hindari penggunaan hair dryer. Bila Anda ingin rambut cepat kering, lebih baik menggunakan kipas angin daripada hair dryer yang memakai suhu panas. Suhu tinggi hanya akan membuat rambut rusak. Ingat, rambut terdiri dari protein, dan protein bisa rusak bila terkena panas.
  • Jangan terlalu sering mencatok, mengeriting atau mewarnai rambut dengan bahan-bahan kimia yang bermacam-macam. Semua perlakuan ini bisa membuat rambut Anda rusak secara perlahan.
  • Menyisir rambut secara perlahan juga merupakan tips merawat rambut kering. Menyisir dengan gerakan cepat dan kasar, malah akan membuat rambut menjadi kusut.
  • Sering-seringlah mengurai rambut Anda, jangan terlalu sering diikat apalagi saat tidur. Mengurai rambut berarti membuat rambut Anda terkena udara lebih banyak, sehingga kelembaban rambut tetap terjaga, tidak kurang maupun tidak terlalu lembab.
Beberapa penyebab rambut kering dan 9 cara merawat rambut kering sudah kami jabarkan diatas, jika Anda mengikuti cara diatas dipastikan rambut kering Anda akan tampak lebih sehat, berkilau dan cantik.

 





{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar